Studi Tiru FWP-SB ke DPRD Jateng, Novrianto: Untuk Menambah Wawasan dan Sharing Informasi

Foto bersama peserta Studi Tiru FWP-SB, Rabu (15/3/2023) di ruang Banggar DPRD Jateng. (foto dok/ald)

SEMARANG, mimbarnasional.com — Sejumlah wartawan yang tergabung di Forum Wartawan Parlemen Sumatera Barat (FWP-SB) melakukan Studi Tiru ke DPRD Provinsi Jawa Tengah di Semarang. Kunjungan ini dalam upaya menambah wawasan dan meningkatkan kapasitas.
Ketua FWP-SB, Novrianto menjelaskan bahwa rombongan FWP-SB terdiri dari wartawan televisi, cetak, elektronik dan online, beserta staf humas DPRD Sumbar. Rombongan diterima oleh Anif Maghfiroh, SS, M.Si, Pranata Humas Ahli Muda di dampingi Haryono Harfiandri, staf humas Sekretariat DPRD Jawa Tengah, Rabu (15/3/2023) di ruang rapat Banggar DPRD Jateng.

Ketu FWP-SB, Novrianto Ucok bersama Staf Humas DPRD Jateng, Anif Magfiroh. (foto dok)

“Kunjungan kami ke DPRD Jawa Tengah, yang utama sekali adalah silaturahmi sekaligus saling bertukar pikiran dan informasi Apalagi DPRD Jawa Tengah adalah Tipe A dimana anggota DPRD nya lebih 100 orang sementara DPRD Sumbar 65 anggota,” ungkap Novrianto yang didampingi Deny Suryani, mewakili Kasubag Humas dan Protokol, Dahrul Idria, S.STP.
Studi tiru ini, lanjut Novrianto, merupakan bagian dari penilaian keaktifan anggota FWP-SB. Saat ini ada sekitar 60 anggota FWP-SB.
“Kita punya ketentuan di FWP-SB, untuk keberangkatan ini bergiliran atau gantian sesuai anggaran yang tersedia,” terang Ucok, sapaan akrab Novrianto yang sudah 20 tahun lebih sebagai Ketua FWP-SB.
Terkait dengan publikasi kegiatan-kegiatan kedewanan, lanjut Ucok, baik kegiatan alat kelengkapan dewan, maupun kegiatan anggota DPRD Sumbar dalam masa reses untuk menjemput aspirasi, maka selain bekerjasama dengan sejumlah media televisi, cetak dan radio, juga puluhan media online.
“Selain itu di sekretariat DPRD Sumbar, juga menginformasikan lewat website, Dprdsumbarprov go.id, dan ada podcast di rumah Ketua DPRD Sumbar,” lanjut Ucok dalam kegiatan yang juga diikuti staf humas, Arnelly Amran dan Ida Wulandari.
Sementara itu Anif Maghfiroh, SS, M.Si, Pranata Humas Ahli Muda Sekretariat DPRD Jawa Tengah, di dampingi Haryono Harfiandri, staf humas DPRD Jawa Tengah, mengatakan bahwa sekretariat DPRD Jateng, dalan melayani publikasi kegiatan kedewanan, dilakukan lewat website DPRD Jateng dan Berlian TV DPRD Jateng yang tayang lewat platform youtube.
“Selain itu, humas DPRD Jateg juga punya konten kreator untuk kemasan-kemasan di media sosial. Hal ini untuk menginformasikan kegiatan-kegiatan kedewanan ke masyarakat,” ungkap Anif.
Khusus menggawangi pemberitaan ini, lanjut Anif, maka Humas DPRD Jateng memiliki 18 orang anggota tim yang bertugas dalam pembuatan berita kegiatan, pengambilan foto dan video.
“Nah, berita-berita dan video ini kita filter dulu di humas, sebelum di share ke grup kerjasama dengan media. Jadi, dalam setiap kegiatan anggota DPRD Jateng, baik di kantor atau ke lapangan, maka kita yang dari humas mengirim tim secara bergantian. Kawan-kawan media yang kerjasama, nanti bisa mengambil dari grup,” ungkap Anif.
Diskusi dan tukar pikiran rombongan FWP-SB berlangsung sangat terbuka terhadap sistem pemberitaan dan kerjasama di kedua lembaga dewan terhormat ini.
Diskusi juga terkait dengan keterbukaan informasi di kedua lembaga, khususnya batasan soal informasi yang dikecualikan dan tidak dikecualikan serta kegiatan kesekretariatan dewan. (mn/ton)

Pos terkait