Juara 2 se Kota Padang, Pembina Kelompok Basurah Adat Lapai Saiyo Gelar Syukuran

Pembina Kelompok Basurah Adat Lapai Saiyo, Sonny Affandi (kanan) bersama ketua kelompok dan anggota saat syukuran, Selasa (24/1/2023) malam di Sate Manangkabau. (foto.dok/ang)

PADANG, mimbarnasional.com — Sukses meraih juara 2 Lomba Pasambahan Adat di Bawah Payung tingkat Kota Padang, Kelompok Basurah Adat Lapai Saiyo, Kelurahan Kampung Lapai, menggelar syukuran, Selasa (24/1/2023) malam di Sate Manangkabau, Jln. Khatib Sulaiman Padang.
Syukuran yang melibatkan seluruh anggota Kelompok Basurah Adat Lapai Saiyo, merupakan bentuk apresiasi dari Pembina Kelompok, Sonny Affandi, ST, atas keberhasilan yang diraih pada Lomba Pasambahan Adat yang digelar, 20-22 Januari 2023 di Nagari Rimbo Tarok, Kecamatan Kuranji, Kota Padang.


Sonny Affandi yang juga Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Kampung Lapai, mengaku sangat bangga atas keberhasilan Kelompok Basurah Adat yang diasuh oleh Guru Mak Kamil Malin Mudo dengan pendamping Zulkarnain Sutan Rajo Ameh.
“Ini prestasi yang cukup membanggakan. Dengan umur kelompok yang belum satu tahun, sudah berusaha hasil juara tingkat Kota Padang. Apalagi ini lomba adat pertama kalinya yang diikuti anggota kelompok ini,” ungkap Sonny.
Harapan Sonny, semua anggota kelompok tidak cepat puas dengan prestasi yang telah diraih. Terus giatkan latihan, karena dalam latihan Basurah Adat ini, tidak saja perlu prestasi tapi bagaimana aplikasinya dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari.
“Sebenarnya, kebutuhan utama kita latihan Basurah Adat ini adalah bagaimana bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari hari selain untuk melestarikan adat dan budaya Minangkabau,” ujar Sonny.
Ketua Kelompok Basurah Adat Lapai Saiyo, Tonli Muchtar Sutan Babangso mewakili seluruh anggota Basurah, mengucapkan terima kasih kepada pembina Sidi Sonny Affandi yang telah merayakan kemenangan yang diraih kelompok.
“Terima Pak.Sonny, Semoga dengan kemenangan ini, membuat anggota kelompok lebih solid dan semakin giat latihan yang digelar setiap minggu,” ucap Tonli di dampingi sekretaris Erwin Ilfahmi Katik Sampono Kayo. (mn/ang)

Pos terkait